Teknologi Mobil Hybrid Tanpa Mesin Listrik

Teknologi Mobil Hybrid Tanpa Mesin Listrik

Teknorus – Mesin hybrid juga dapat dibedakan berdasarkan aplikasinya dalam kendaraan. Micro Hybrid misalnya. Teknologi ini tidak menggunakan mesin listrik, tetapi menggunakan teknologi Start and Stop otomatis dan sebuah sebuah generator khusus untuk memanfaatkan kembali energi yang tidak terpakai saat mobil direm. Para pakar menyebut metode ini sebgai recuperation. Bagaimana cara kerjanya Jika sebuah mobil berhenti di lampu merah atau di hadapan halangan lainnya, mesin bahan bakar dihentikan. Ketika lampu hijau, pengemudi cukup menginjak pedal kopling untuk men-start kembali mesin bahan bakar dan melanjutkan perjalanan. Secara teknis, metode ini adalah teknologi yang sederhana.

Pemanfaatan energi tersebut juga selalu bekerja jika mobil menemui jalan menurun atau pedal gas tidak diinjak ketika menuju lampu merah. ada saat ini, sebagian dari energi gerak yang berlebih diubah menjadi listrik oleh generator. Metode ini terbukti dapat menghemat hingga 5% bahan bakar dalam lalu lintas kota. Di Eropa, harga sebuah sistem Start and Stop ini sekitar US$129. Perbedaannya antara lain dalam bentuk kerja sama mesin. Pada mesin hybrid paralel, mesin bahan bakar dan mesin listrik bersama-sama menggerakkan kendaraan karena mesin listrik sendiri tidak mampu menggerakkan mobil. Kelebihan sistem ini adalah ukurannya yang lebih kecil dan mudah disesuaikan.

Sedangkan kelemahannya terletak pada tenaga tarikan awalnya yang tidak sebesar mobil bermesin bensin. Meski begitu, mobil ini dapat melaju hampir tanpa bunyi dan tidak mencemari udara. Model hybrid lainnya adalah hybrid serial. Pada model ini, mesin listrik mampu menggerakkan mobil. Mesin bahan bakar baru beraksi bila cadangan energi listrik sudah habis atau jika dalam perjalanan harus memproduksi listrik untuk mesin listrik. Hybrid jenis ini disebut Range Extender karena mesin bahan bakar berfungsi memperpanjang jangkauan mesin listrik dan tidak langsung menggerakkan mobil. Bentuk campuran dari kedua jenis hybrid tersebut tentu saja ada, tergantung tujuan penggunaan dan tipe kendaraan. Dengan begitu, mesin dapat dikombinasikan secara optimal.‘mhd’ pada Smart merupakan singkatan dari Micro Hybrid Drive. Mobil ini menggunakan sebuah Start and Stop otomatis yang menghentikan mesin di lampu merah dan generator untuk me-restart mesin.

Leave a Reply