Sat Tweet Blog

Harga Komoditas Naik Membawa Angin Segar Terhadap Industri Alat Berat Di Indonesia

0
Posted in Tips By present 2

Harga Komoditas Naik Membawa Angin Segar Terhadap Industri Alat Berat Di Indonesia

Sewa Alat Berat Bali – Menteri perindustrian di Indonesia, yaitu Airlangga Hartanto, memiliki cukup keyakinan jika permintaan industry alat berat akan mengalami peningkatan seiring dengan makin baiknya harga komoiditas serta gencarnya pembangunan dari sektor industry sekaligus naiknya aktivitas pertambangan di Indonesia. Hal ini memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di tanah air.

“Oleh karena itu, kami berharap pelaku industry dari peralatan berat bisa memanfaatkan keuntungan tersebut dengan baik mengingat harga komiditas sedang menguat yang juga memacu tingkat produktivitas” ungkap Menperin saat mengunjungi pabrik dari PT United Tractor Pandu Engineering yang berlokasi di Cikarang Utara, Bekasi.

Bila merujuk pada data Himpunan Alat Berat Indonesia bisa dikatakan jika dalam 2 tahun terakhir terjadi kenaikan produksi alat berat dan pada tahun 2016, produksi berhasil mencapai 3.678 unit  dan pada tahun 2017 berubah menjadi 5.609 unit. Sementara itu, tingkat produksi di kuartal pertama pada tahun ini tercatat sudah mencapai 1.684 unit.

Produksi peralatan berat di sepanjang kuartal pertama mengalami kenaikan yang cukup besar 46.05 bila kita bandingkan dengan periode serupa di tahun yang lalu. Produksi kali ini akan didominasi untuk dapat memenuhi kebutuhan dari sektor pertambangan dan sektor konstruksi.

Ada pun jenis alat berat seperti hydraulic excavator menjadi salah satu contributor paling tinggi dari jumlah produksi pada kuartal pertama di tahun ini yang berhasil terjual sebanyak 1.534 unit yang kemudian diikuti dengan penjualan bulldozer yang mencapai 89 unit lalu ada dump truck yang berhasil dijual sekitar 60 unit setelah itu baru disusul oleh motor grade sebanyak 1 unit. Sepanjang tahun ini, produksi alat berat yang ditargetkan oleh Hinabi adalah 7000 unit.

Untuk mendongkrak daya saing dari industry alat berat nasional, maka Kementrian Perindustrian memilih untuk mendorong sektor tersebut sehingga bisa terus berinovasi untuk dapat menghasilkan produk yang memiliki nilai tambah tinggi disesuaikan dengan kebutuhan pasar. “Pemerintah akan terus memberikan fasilitas super deductible tax untuk industry yang melakukan inovasi” ungkap Menperin.

Leave a Reply